VISI


TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA MENUJU TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

 

MISI


Meningkatkan penyelenggaraan pelayanan prima di bidang administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Misi ini mengandung makna adalah setiap pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil harus diproses lebih cepat, akurat, mudah, dan transparan serta bisa dipertanggung jawabkan(akuntabel) sehingga masyarakat menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan

Meningkatkan pengawasan di bidang data dan registrasi penduduk dan pencatatan sipil

Misi ini mengandung makna bahwa  setiap data dan registrasi penduduk dan pencatatan sipil sebagai syarat pengurusannya haruslah lengkap , akurat, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia ( diklat ) / Study banding

Misi ini mengandung makna bahwa setiap pegawai sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat harus terus meningkatkan kualitas kemampuannya melalui diklat atau study banding sehingga bisa melaksanakan pelayanan prima kepada masyarakat.

Meningkatkan kwalitas pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Misi ini mengandung makna bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selain menerbitkan dokumen administrasi kependudukan, juga sebagai instansi yg berkewajiban untuk mengelola arsip warkah pencatatan sipil.

Warkah pencatatan sipil merupakan bukti otentik seseorang yang tidak boleh hilang, rusak, musnah sehingga mengandung pengertian sebagai Arsip Dinamis yaitu : arsip yang dipergunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan administrasi pemerintahan pada umumnya / dipergunakan secara langsung dalam penyelenggaraan administrasi negara.

Pemutahiran data kependudukan

Misi ini mengandung makna bahwa perlu dilakukan optimalisasi pengelolaan data base kependudukan dan pencatatan sipil dengan peningkatan dan pemutakhiran Sistem Informasi Adminitrasi Kependudukan (SIAK). Hal ini dimaksudkan untuk bisa menyajikan database kependudukan dan pencatatan sipil yang akurat dan valid sehingga bisa dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan.

MOTO


MELAYANI DENGAN SMART

( SEDERHANA, MUDAH, AKURAT, RAMAH, TERAMPIL )