Tugas Pokok


Membantu Bupati dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Bidang Administrasi Kependudukan    dan Pencatatan Sipil.” yang meliputi:

  1. Koordinasi penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
  2. Pembentukan Instansi Pelaksana yang tugas dan fungsinya di bidang Administrasi Kependudukan;
  3. Pengaturan teknis penyelenggaraan Administrasi Kependudukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan;
  4. Pembinaan dan sosialisasi penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
  5. Pelaksanaan kegiatan pelayanan masyarakat di bidang Administrasi Kependudukan;
  6. Penugasan kepada desa untuk menyelenggarakan sebagian urusan Administrasi Kependudukan berdasarkan asas tugas pembantuan;
  7. Penyajian Data Kependudukan berskala kabupaten/kota berasal dari Data Kependudukan yang telah dikonsolidasikan dan dibersihkan oleh Kementerian yang bertanggung jawab dalam urusan pemerintahan dalam negeri; dan
  8. Koordinasi pengawasan atas penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

 

Fungsi


Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah sebagai Instansi Pelaksana yang melaksanakan urusan Administrasi Kependudukan dengan kewajiban yang meliputi:

  1. Mendaftar Peristiwa Kependudukan dan mencatat Peristiwa Penting; memberikan pelayanan yang sama dan profesional kepada setiap Penduduk atas pelaporan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting;
  2. Mencetak, menerbitkan, dan mendistribusikan Dokumen Kependudukan;
  3. Mendokumentasikan hasil Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  4. Menjamin kerahasiaan dan keamanan data atas Peristiwa Kependudukan dan PeristiwaPenting;
  5. Melakukan verifikasi dan validasi data dan informasi yang disampaikan oleh Penduduk dalam pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.